Celaka !!! Kurangnya Kesadaran Tertib Berlalulintas Bagi Masyarakat


beat jatim

Pengendara yang tidak taat peraturan lalulintas.
foto; Hamiem Anwar

BeAT Jatim – Kurangnya kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas di jalan raya masih sering kita jumpai di setiap kota, seperti halnya pengguna motor yang tampak di gambar. Entah mereka melakukannya tersebut secara sadar atau tidak sadar. Namun dengan prilakunya yang tidak taat terhadap aturan lalu lintas dengan tidak memakai plat nopol yang sudah di tentukan spesifikasinya oleh kepolisian adalah melanggar peraturan lalu lintas yang berlaku.

Pelanggaran–pelanggaran kecil sampai besar pun masih banyak ditemui. Misalnya saja, pengendara sepeda motor yang hanya memakai helmnya jika ada polisi lalulintas. Bagi masyarakat kita, pemakaian helm saat berkendara sepeda motor masih dianggap  sebagai suatu kewajiban,  jika dilanggar akan mendapat sanksi. Padahal mestinya  pemakaian helm tidak hanya dilandasi karena rasa takut pada polisi atau yang lainnya, melainkan kemauan dan kesadaran diri akan keselamatan dirinya sendiri, bayangkan saja seandainya pengendara seperti gambar di atas terjatuh dan kepalanya terbentus aspal yang pasti akan mengalami luka atau lebih tragisnya gegar otak, apalagi  jika terjadi tabrakan mungkin saja kepalanya akan remuk karena tidak memakai pelindung.

Padahal sering kali pihak kepolisian mempublikasikan atau mengkampanyekan pentingnya safety riding pagi pengendara sepeda motor. Namun sepertinya pengenalan dan kampanye tentang safety riding saja masih belum cukup untuk menjelaskan kepada pengendara kendaran bermotor mengenai keselamatan di jalan raya..

Mungkin banyak diantara kita para pengendara sepeda motor yang mengetahui tentang pentingnya keselamatan berkendara atau yang biasa disebut safety riding. Safety riding hanya dijadikan teori, tanpa ada praktek langsung di lapangan. Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya kepahaman, kesadaran, dan penerapan cara aman berkendaraan (safety riding).

Kurangnya etika berlalulintas pun dapat menjadikan tidak kondusifnya suasana di jalan raya, tidak adanya penerapan sikap toleransi antara pengguna jalan. Hal tersebut dapat mengurangi tingkat ketertiban pengendara sepeda motor di jalan raya. Ketidaktertiban ini banyak atau sedikit akan menimbulkan dampak negatif bagi dirinya sendiri maupun pengguna jalan lain. Hal itu menyebabkan semakin besarnya peluang terjadinya kecelakaan di jalan sehingga menyebabkan banyaknya korban dari  tahun ke tahun, khususnya pengguna pemula kendaraan sepeda motor. (rd02)

About these ads

One comment on “Celaka !!! Kurangnya Kesadaran Tertib Berlalulintas Bagi Masyarakat

  1. Ping-balik: Celaka !!! Kurangnya Kesadaran Tertib Berlalulintas Bagi Masyarakat | Paguyuban BeAT Jawa Timur

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s